• Leonardo da Vinci: A Biography

    Leonardo da Vinci, seorang pelukis, pemahat patung, arsitek, musisi, ahli matematika, teknisi, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, ahli kartografi, ahli botani, dan penulis yang hidup di jaman Renaissance. Bagaimanakah hidupnya?[...]

  • 2 September 1945, Jepang Resmi Kibarkan Bendera Putih

    Jepang tidak berdaya menyusul dijatuhkannya bom atom di dua kota. Menyerah menjadi opsi yang ditentang, tapi akhirnya dilakukan.[...]

  • Android KitKat: Cerita dibalik kerjasama yang lezat

    Tak disangka, hari ini Google mengumumkan berita mengejutkan dengan rencana OS Android terbarunya yang akan diberi nama Android KitKat. Sebelumnya, sudah tersebar rumor bahwa OS baru dari Android akan bernama Android Key Lime Pie, dan versi yang akan keluar adalah 4.4, bukan 5.0, namun ternyata hanyalah pengecoh belaka.[...]

  • Para pemimpin dunia yang membunuh kekasihnya

    Memang menyenangkan menjadi raja. Namun terkadang kurang menyenangkan menjadi kekasih raja. Dari Raja Inggris Henry VIII, yang sudah dikenal telah memenggal beberapa istri-istrinya pada abad ke-16, hingga Pemimpin Tertinggi Korea Utara saat ini Kim Jong-un, yang mungkin atau mungkin tidak telah membunuh mantan pacarnya pekan lalu, penguasa di seluruh dunia dan di seluruh sejarah terkadang menggunakan kekuasaan eksekutif mereka untuk mengeksekusi ... yah, mantan pacarnya.[...]

  • Bintang Tertua di Alam Semesta Ditemukan, Berumur 13,7 Miliar Tahun

    Tim astronom telah menemukan bintang tertua di alam semesta, yang terbentuk tak lama setelah The Big Bang pada 13,7 miliar tahun yang lalu. Penemuan ini memungkinkan para astronom untuk pertama kalinya mempelajari susunan kimia dari bintang-bintang yang pertama terbentuk, sehingga memberikan gambaran yang lebih jelas tentang seperti apakah alam semesta pada saat-saat awalnya.

  • Dibalik Menghilangnya Flappy Bird

    Ternyata, alasan dibalik menghilangnya game populer Flappy Bird bukanlah masalah legalitas ataupun bisnis, namun karena penciptanya stress lantaran game buatannya terlalu sukses??

Jumat, 06 September 2013

Posted by Unknown
No comments | 9:17:00 AM
Melanjutkan cerita saya beberapa hari yang lalu, tentang sekelompok planet yang disebut “Planet Goldilocks”, yaitu planet yang berada pada zona layak huni sebuah bintang, sehingga memiliki kemungkinan dapat ditinggali oleh manusia.

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa salah satu bintang tetangga kita, yang bernama Gliese 667C, diperkirakan memiliki 3 planet Goldilocks (Gliese 667Cc, 667Cd, dan 667cf) dalam sistemnya.
Gliese 667C merupakan salah satu bintang dari sistem tiga bintang Gliese 667, terletak kurang lebih 22 tahun cahaya dari tata surya kita di dalam konstelasi Scorpio.Gliese 667C adalah bintang red-dwarf dengan keterangan cahaya 1,4% dari matahari. Bintang ini adalah yang terkecil dari tiga bintang dalam sistem nya. Gliese 667C memiliki paling sedikit 6 planet dalam tata suryanya, dan diperkirakan ada 7 planet total.

Gambaran seniman tentang sunset di Gliese 667Cc, melihat
tiga matahari dari sistem tiga bintang Gliese 667

Bagaimana planet-planet ini ditemukan?

Planet-planet ini ditemukan dengan sebuah pendekatan yang disebut radial velocity method (metode kecepatan radial). Dengan metode ini, ilmuan mengamati bintang yang bergerak karena tarikan gravitasi dari sebuah planet. Ketika terlihat bintang tersebut berubah posisi, dan perubahan tersebut konsisten dengan adanya planet, maka dapat dikatakan ada sebuah planet disana.

Bagaimana atmosfernya?

Yang penting dari planet-planet yang ditemukan ini daripada planet lain yang ditemukan sebelumnya adalah mereka memiliki massa yang secara relatif rendah. Memang, planet-planet ini lebih besar dari bumi, namun tidak lebih besar dari 10 kali lipat bumi. Hal ini penting karena jika mereka lebih besar lagi, mereka akan seperti Jupiter atau Neptunus, dimana mereka akan memiliki atmosfer yang terdiri dari banyak sekali hidrogen. Namun dengan ukuran yang dimiliki oleh planet-planet ini, maka mungkin mereka tidak akan dapat mengikat hidrogen sehingga dapat memiliki atmosfer yang hampir sama dengan bumi. Karena hal ini pula mereka disebut sebagai Super-Earth.

Apakah planet-planet ini memiliki bulan?

Tidak. Gliese 667C adalah bintang dengan masa yang kecil, yaitu sekitar sepertiga matahari. Dan karena dekatnya jarak planet ini dengan bintangnya, akan ada gaya gravitasi yang dapat melepaskan bulan yang mungkin terbentuk dari planetnya.

Dimana letak bintang ini di dalam konstelasi jika kita melihat langit?

Lokasi sistem tiga bintang Gliese 667 di rasi Scorpio
Bintang ini terletak di ujung ekor Scorpio. Jika anda keluar di malam hari di tempat yang gelap dan tak berlampu kemudian melihat ke hemisfer utara langit, anda akan dengan mudah melihatnya begitu anda mengidentifikasi rasi bintang Scorpio.


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Wiyosa Waluyan Rusdi
CoAssistant of Kariadi Hospital
Faculty of Medicine Diponegoro University
22010111200144

email: wiyosa@gmail.com

Translate