• Leonardo da Vinci: A Biography

    Leonardo da Vinci, seorang pelukis, pemahat patung, arsitek, musisi, ahli matematika, teknisi, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, ahli kartografi, ahli botani, dan penulis yang hidup di jaman Renaissance. Bagaimanakah hidupnya?[...]

  • 2 September 1945, Jepang Resmi Kibarkan Bendera Putih

    Jepang tidak berdaya menyusul dijatuhkannya bom atom di dua kota. Menyerah menjadi opsi yang ditentang, tapi akhirnya dilakukan.[...]

  • Android KitKat: Cerita dibalik kerjasama yang lezat

    Tak disangka, hari ini Google mengumumkan berita mengejutkan dengan rencana OS Android terbarunya yang akan diberi nama Android KitKat. Sebelumnya, sudah tersebar rumor bahwa OS baru dari Android akan bernama Android Key Lime Pie, dan versi yang akan keluar adalah 4.4, bukan 5.0, namun ternyata hanyalah pengecoh belaka.[...]

  • Para pemimpin dunia yang membunuh kekasihnya

    Memang menyenangkan menjadi raja. Namun terkadang kurang menyenangkan menjadi kekasih raja. Dari Raja Inggris Henry VIII, yang sudah dikenal telah memenggal beberapa istri-istrinya pada abad ke-16, hingga Pemimpin Tertinggi Korea Utara saat ini Kim Jong-un, yang mungkin atau mungkin tidak telah membunuh mantan pacarnya pekan lalu, penguasa di seluruh dunia dan di seluruh sejarah terkadang menggunakan kekuasaan eksekutif mereka untuk mengeksekusi ... yah, mantan pacarnya.[...]

  • Bintang Tertua di Alam Semesta Ditemukan, Berumur 13,7 Miliar Tahun

    Tim astronom telah menemukan bintang tertua di alam semesta, yang terbentuk tak lama setelah The Big Bang pada 13,7 miliar tahun yang lalu. Penemuan ini memungkinkan para astronom untuk pertama kalinya mempelajari susunan kimia dari bintang-bintang yang pertama terbentuk, sehingga memberikan gambaran yang lebih jelas tentang seperti apakah alam semesta pada saat-saat awalnya.

  • Dibalik Menghilangnya Flappy Bird

    Ternyata, alasan dibalik menghilangnya game populer Flappy Bird bukanlah masalah legalitas ataupun bisnis, namun karena penciptanya stress lantaran game buatannya terlalu sukses??

Minggu, 16 Februari 2014

Posted by Unknown
3 comments | 2:04:00 PM
Kali ini saya akan membahas seorang tokoh terkenal yang kalian semua pasti kenal, seseorang yang sering dijuluki manusia tercerdas, sering dikaitkan dengan berbagai teori konspirasi masa lampau, dan karya-karya nya hingga sekarang banyak menyita perhatian publik.
Leonardo da Vinci, seorang pelukis, pemahat patung, arsitek, musisi, ahli matematika, teknisi, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, ahli kartografi, ahli botani, dan penulis yang hidup di jaman Renaissance.

Saya tertarik membuat artikel ini sebenarnya awalnya karena menonton sebuah serial berjudul Da Vinci's Demon, yang menceritakan masa muda Leonardo da Vinci. Mungkin bagi pengunjung yang berminat bisa menontonnya setelah membaca artikel ini. :D :D
Di sini saya akan membahas perjalanan hidupnya, karya-karya nya, dan bahkan konspirasi tentang dirinya..

Biografi
Masa Kecil: 1452-1466
Leonardo di ser Piero da Vinci, lahir pada tanggal 14 April (kalender Julian)/ 23 April (kalender modern) tahun 1452 di kota Vinci, darerah Tuscan, Italia, tepatnya di bukit terendah dari sungai Arno, Provinsi Florence. Dia merupakan anak tak resmi dari Messer Piero Fruosino di Antonio da Vinci, seorang notaris di Florence, sedangkan ibunya adalah Caterina, rakyat jelata yang diperkirakan adalah budak dari Timur Tengah. Leonardo tidak memiliki nama belakang, sedangkan da Vinci hanya berarti "dari Vinci". Nama lengkapnya Leonardo di ser Piero da Vinci, berarti "Leonardo anak tuan Piero dari Vinci".



rumah masa kecil Leonardo di Anchiano
Masa kecil Leonardo tinggal di semacam perumahan di Anchiano, kemudian dari tahun 1457 dia tinggal bersama ayahnya di Vinci. Ada legenda yang mengatakan bahwa pada saat kecil, ayah Leonardo diminta oleh seseorang untuk menghias sebuah tameng bundar, dan dia menyerahkan pekerjaan itu pada Leonardo. Namun kemudia Leonardo menghiasnya dengan membuat gambar monster bernafas api dengan menggunakan bangkai hewan-hewan seperti kadal, kelelawar, dan lain-lain. Begitu ayahnya melihat, ayahnya begitu terkejut dan takut, sehingga memberikan tameng baru dengan gambar jantung terpanah pada pemesannya, dan menjual tameng Leonardo ke seorang pedagang, yang kemudian menjual tameng itu pada Duke of Milan seharga 3 kali lipatnya.

1466-1476
Lukisan Verrocchio, Baptism of Christ
Pada tahun 1566, saat usianya 14 tahun, Leonardo dijadikan murid oleh seorang artisan bernama Andrea di Cione, atau lebih dikenal dengan nama Verrocchio. Walaupun hanya sebagai murid, Leonardo menunjukkan bakatnya yang sangat besar. Kejeniusannya tersirat ke sejumlah karya yang dihasilkan oleh workshop Verrocchio dari periode 1470-1475. Salah satu karya terkenalnya adalah lukisan malaikat yang memegang jubah Jesus dalam karya Verrocchio yang berjudul "The Baptism of Christ", dimana lukisan Leonardo jauh lebih superior dibandingkan gurunya sendiri, sehingga Verrocchio saat itu memutuskan untuk tidak melukis lagi.


1476-1513
Pada tahun 1477, Leonardo meninggalkan workshop Verrocchio dan membuka workshop nya sendiri. Dikatakan bahwa sejak tahun 1980 dia tinggal bersama keluarga Medici, dan bekerja di Piazza San Marco di Florence.
Pada tahun 1482, ditugaskan oleh Lorenzo de' Medici ke Milan, untuk bekerja pada Ludovico Sforza, Duke of Milan pada masa itu. Sforza mempekerjakan Leonardo sebagai artisan, melukis, memahat patung, dan mendesain beberapa festival. Namun ia juga menugaskan Leonardo untuk mendesain senjata, bangunan dan mesin perang. Selama di Milan, Leonardo membuat banyak studi mengenai banyak hal, termasuk alam, mesin terbang, geometri, mekanik, tata kota, pembuatan kanal, dan arsitektur.
Karena watak Leonardo yang sering mudah bosan, dia hanya menyelesaikan enam karya selama 17 tahun dia berada di Milan, termasuk "The Last Supper" dan "The Virgin on The Rocks".
Setelah Duke Sforza jatuh pada tahun 1499, Leonardo berpindah-pindah dan bekerja untuk banyak orang. Dia juga pergi ke Venesia, sebagai teknisi militer di sana, kemudian bekerja untuk Cesaria Borgia, anak Pope Alexander VI. Dia juga bertemu dengan Niccolo Machiavelli, kemudian menciptakan lukisan "Battle of Aghiari", yang sampai saat ini masih belum diketemukan keberadaannya.
Lukisan Mona Lisa juga dibuat pada masa ini, diperkirakan mulai dibuat pada tahun 1503. Diperkirakan merupakan lukisan dari Lisa Gherardini, istri dari Francesco del Giocondo.
Mona Lisa

1513-1519
Clos Lucé, tempat Leonardo meninggal
Pada periode 1513-1516, Leonardo tinggal di Belvedere, Vatican, Roma, bekerja untuk Pope Leo X. Setelah itu dia bekerja sebagai Pelukis dan Teknisi Utama Raja dibawah Raja Francis I dari Prancis. Leonardo meninggal pada 2 Mei 1519 di Cloux, Perancis. Legenda mengatakan bahwa Raja Francis berada di sisinya ketika dia meninggal, memeluk kepala Leonardo di pangkuannya.




to be continued...........

3 komentar:

About Me

Wiyosa Waluyan Rusdi
CoAssistant of Kariadi Hospital
Faculty of Medicine Diponegoro University
22010111200144

email: wiyosa@gmail.com

Translate